badai matahari 2012

Diposting oleh kutungesot on Kamis, Januari 26, 2012

Tiap hari cuacanya koq ga menentu gini ya.... hujan..panas...hujan...hujan...panas... wah...apa ini dampak dari badai matahari 2012 itu ya... sebelumnya, ada yang belum tahu apa itu badai matahari ? ndesoo !! Badai Matahari terjadi ketika ada pelepasan seketika energi magnetik yang terbentuk di atmosfer Matahari. Plasma Matahari yang meningkat suhunya hingga jutaan Kelvin beserta partikel-partikel lainnya berakselerasi mendekati kecepatan cahaya. Total energi yang dilepaskan setara dengan jutaan bom hidrogen berukuran 100 megaton...(selengkapnya), menurut situs tempo.co, Badai matahari yang menghantam Bumi sejak 23 Januari 2012, kini sudah melewati masa kritisnya. Menurut peneliti matahari dari Institut Teknologi Bandung, Dhani Herdiwijaya, masa gangguan badai matahari 2012 sudah lewat.

"Waktunya hanya beberapa jam. Yang paling kena pengaruh itu di kawasan utara Bumi seperti kutub," ujar dia ketika dihubungi, Rabu, 25 Januari 2012.

Badai yang memancarkan gelombang kejut sejauh 150 juta kilometer ini terjadi pada 23 Januari 2012, tepat saat Imlek dirayakan. Saat badai, gelombang kejut dari matahari ini menyebar melalui Merkurius, Venus, Bumi, lalu menyebar ke planet-planet selanjutnya. "Jadi relatif singkat saja di Bumi, numpang lewat," kata Dhani.




 
Badai matahari 2012, tulis dia, berpotensi mengganggu operasional satelit, seperti satelit komunikasi. Kalau itu terjadi dan tidak dapat diatasi oleh operator satelitnya, kemungkinan terjadi gangguan pada penggunaan telepon seluler, siaran TV, komunikasi data perbankan, dan pengguna lainnya. Tetapi biasanya para operator satelit sudah mengantisipasinya.



Dampak lainnya adalah gangguan pada ionosfer yang akan mengganggu komunikasi radio HF/gelombang pendek yang biasa digunakan oleh komunikasi jarak jauh, termasuk oleh siaran radio luar negeri seperti BBC, VOA, atau ABC. Navigasi berbasis satelit seperti GPS juga kemungkinan terganggu akurasinya.

yah, semoga saja badai matahari 2012 ini tidak berdampak dalam waktu yang lama.


 refrensi : http://www.tempo.co/read/news/2012/01/25/061379557/Badai-Matahari-2012-Sudah-Lewat-Masa-Kritisnya

{ 11 komentar... read them below or add one }

anak-jelex mengatakan...

sangat informatif... bagus gan artikelnya. jd pngiN bljr fisika..

kutungesot mengatakan...

hehe....yah...begitulah gan... thanks dah mampir

Anonim mengatakan...

ikut nyimak aja dah om :D

Admin mengatakan...

bicara matahari ne.....
ane ikut om ojel ada dech...

Bagaimakna mengatakan...

Belakangan lagi sering banget diomongin yah, ini mah anggep aja supaya kita makin mendekatkan diri pada Sang Maha Kuasa :)

kutungesot mengatakan...

@Ojel : silahkan gan.....:0

@Kholil : ok dah.... med nyimak ja dah.....

@F u n y : yah.... gitu dah gan.... moga ja ane agan2 smua tetep dijalan-NYA..... amin

Admin Ilham Blog mengatakan...

iya ni kemaren internet modem sedikiit terganggu karena nii badai

kutungesot mengatakan...

gitulah gan.... downlotan ane ja ampe mati smua....


#thanks dah mampir

Gudiler mengatakan...

Bah.. ngeri juga dmpaknya...
mksi infonya beta basta

kutungesot mengatakan...

@Gudilerya gan.... untungnya ga jangka panjang.... masam sob

Anonim mengatakan...

wadehhh ngeriii

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik dan sopan, karena dari situlah seseorang bisa menilaimu....