Buat komputer Lokal jadi Server

Diposting oleh kutungesot on Rabu, Januari 19, 2011


Pengen membuat website online ???

Ada baiknya sebelum kita membuat website yang online,kita membuat website offline dengan menjadikan komputer kita sebagai lokal web server,, kenapa ?? karena klo kita menggunakan komputer sendiri sebagai lokal server kita bebas dari biaya sewa domain,internet,& hosting.

Trus Bagaimana Caranya??sabar coy....^_^

Begini caranya,,ada banyak aplikasi web server yang bertebaran di jagad maya ini,baik yang berjalan di OS Window ataupun OS" lainnya. Contoh yang paling terkenal adalah IIS (Internet Information Service) & APACHE.

dimana penggunaan kedua server itu yang paling banyak di pasaran !!

IIS adalah webserver bawaan windows yang mendukung bahasa pemrograman ASP dengan database MSSQL,,jadi kalo anda ingin membuat website dengan ASP language ada baiknya anda mengunakan web server jenis ini !!!

Apache, biasa nya webserver ini di gunakan oleh para pecinta PHP + MySQL ya atau dengan kalangan dengan keterbatasan dana ~_~ huehehehe kaya saya, karena web server yang satu ini FREE alias gratis !!nah karena kurang nya pengetahuan saya dengan web server IIS maka kita fokus di webserver ini aja ya.

Kita bisa menginstal satu satu Apache, PHP, MYSql, namun ada juga yang sudah membuat instaler untuk semua paket yang di sebut tady, contohnya : APPSERV, XAMPP, PHPTRIAD, dll.

Yang saya pake adalah XAMPP dengan versi 1.6.4 untuk windows,, webserver ini saya rasa cukup komplit fitur nya dan mudah pengunaannya,,jadi cocok buat anda dan saya yang sedang belajar web !!xampp yang saya gunakan mendukung :

Apache 2.2.6
MySQL 5.0.45
PHP 5.2.4 + PHP 4.4.7 + PEAR
PHP-Switch win32 1.0 (please use the "php-switch.bat")
XAMPP Control Version 2.5 from www.nat32.com
XAMPP Security 1.0
SQLite 2.8.15
OpenSSL 0.9.8e
phpMyAdmin 2.11.1
ADOdb 4.95
Mercury Mail Transport System v4.01b
FileZilla FTP Server 0.9.23
Webalizer 2.01-10
Zend Optimizer 3.3.0
eAccelerator 0.9.5.2 for PHP 5.2.4

mungkin ga saya jelaskan semua fitur nya karena fokus kita cuma webserver ,, jadi yang ambil yang fokus APACHE, PHP, & MYSql.Oke cukup penjelasannya anda udah bosen kan,,,mari kita lakukan instalasinya . :-)

1. donwload xampp di sini
2. klik 2 kli file instaler xampp yang sudah di donload tadi
3. pilih tempat di mana xammp akan di install contoh D:/
4. klik xampp_setup.bat pada direktrori xampp terinstall
5. setelah selesai klik xampp-control.exe untuk mesetting xampp,disini Anda bisa mengaktifkan atau sebaliknya.
6. sekarang coba anda buka browser anda lalu ketikkan http://127.0.0.1 atau http://localhost,,jika sudah tampil halaman informasi tentang XAMPP berarti anda sudah berhasil membuat komputer pribadi anda menjadi lokal webserver
7. sekarang anda bisa membuat website ,, eits lupa naro filenya di folder htdocs ya !! contoh "D:/xampp/htdocs"
8. kemudian buat folder baru untuk folder root web anda,contoh yang di gunakan untuk tutorial kedepan adalah "test" jadi hasilnya seperti ini "D:/xampp/htdocs/test/"

oke sekian dulu ya tutorial dari saya,,nanti di lanjut lagy !!!^_^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

berkomentarlah dengan baik dan sopan, karena dari situlah seseorang bisa menilaimu....